HUKUM I TERMODINAMIKA

Description

Hukum pertama termodinamika adalah setiap usaha yang terjadi diantara itu peningkatan atau pengurangan pada sistem menghasilkan perubahan energi dalam pada sistem.
Halimah Al Hasanah
Note by Halimah Al Hasanah, updated more than 1 year ago
Halimah Al Hasanah
Created by Halimah Al Hasanah over 2 years ago
23
0

Resource summary

Page 1

KONSEP HUKUM I TERMODINAMIKA

Secara tidak langsung makanan yang dimakan mempengaruhi kebutuhan energi di dalam tubuh kita. Menarik! Mari kita bahas mengenai kaitannya dengan hukum pertama termodinamika. Hukum pertama memberi tahu kita mengenai perubahan energi dalam. Ketika kita makan, setiap makanan memiliki berbagai kalori yang akan digunakan untuk kita beraktivitas. Untuk kasus ini mari kita anggap total makanan yang dimakan sama dengan total kalori. Ketika tubuh beraktivitas maka, total aktivitas yang dikerjakan dianggap sebagai total kerja. Efek yang terjadi kepada kondisi tubuh (naik berat badan ataupun turun berat badan) dianggap sebagai perubahan energi dalam.

Page 2

KONSEP HUKUM I TERMODINAMIKA (Lanjutan)

Dari pernyataan sebelumnya, maka : \[{\Delta U} = Q - W \] atau \[Q = {\Delta U} +W \] sehingga jika dibandingkan dengan kasus aktivitas memakan. Jika nilai dari perubahan energi dalam (-) dapat terjadi penurunan berat badan, dikarenakan total usaha(kerja) yang dilakukan lebih besar daripada total kalor yang diserap. Sebaliknya, jika nilai dari perubahan energi dalam (+) dapat terjadi kenaikan berat badan.  Untuk kasus lainnya dapat dinyatakan sebagai berikut: Q dianggap (+) apabila kalor memasuki system. W dianggap (+) apabila usaha dilakukan oleh system. ∆U dianggap (+) apabila energi dalam sistem bertambah. Q dianggap (-) apabila kalor keluar dari system. W dianggap (-) apabila lingkungan melakukan usaha pada system. ∆U dianggap (-) apabila energi dalam sistem berkurang.

Show full summary Hide full summary

Similar

AQA Physics P1 Quiz
Bella Statham
GCSE AQA Physics - Unit 3
James Jolliffe
Forces and motion
Catarina Borges
Using GoConqr to study science
Sarah Egan
GCSE AQA Physics 1 Energy & Efficiency
Lilac Potato
Waves
kate.siena
Forces and their effects
kate.siena
Junior Cert Physics formulas
Sarah Egan
OCR Physics P4 Revision
Dan Allibone
P2 Radioactivity and Stars
dfreeman
Physics 1A - Energy
Zaki Rizvi