ADIABATIK

Description

Pada proses adiabatik, tidak ada energi yang masuk ataupun keluar dari sistem.
Halimah Al Hasanah
Note by Halimah Al Hasanah, updated more than 1 year ago
Halimah Al Hasanah
Created by Halimah Al Hasanah over 2 years ago
12
0

Resource summary

Page 1

ADIABATIK in LIFE

Proses di mana panas tidak masuk atau keluar sistem disebut proses adiabatik. Dalam proses ini usaha dilakukan dengan mengorbankan energi internalnya sendiri. Jika gas mengembang secara adiabatis, sistem bekerja dan suhunya menurun. Di sisi lain, jika gas dikompresi secara adiabatis, sistem bekerja dan suhunya meningkat.  

Ketika mati lampu, es didalam freezer tidak langsung mencair, bagaimana itu bisa terjadi? Pada kulkas terdapat dinding adiabatik yang berfungsi untuk membuat sistem tidak memungkinkan terjadi perpindahan panas.

Page 2

ADIABATIK (2)

Secara sistematis, jika fan motor pada lemari es tidak berjalan, maka sirkulasinya sebagai berikut . Secara alamiah tanpa fan motor, di dalam lemari es udara dingin pada bagian atas dekat evaporator mempunyai massa jenis lebih besar. Udara dingin akan mengalir ke bagian bawah lemari es. Udara panas pada bagian bawah lemari es karena berat jenisnya lebih kecil dan di desak oleh udara dingin dari atas, akan mengalir naik ke atas menuju evaporator. Udara panas oleh evaporator didinginkan menjadi dingin lalu mengalir ke bawah lagi. Seperti gambar dibawah ini.

Page 3

ADIABATIK (3)

Melalui hukum pertama termodinamika, proses adibatik menjadi \[{\Delta U} = W\] Sehingga, usaha dapat dihitung dengan mencari perubahan energi dalam. \[P V_y = konstan\] dimana \[\gamma\ = C_p C_v\] dinamakan sebagai indeks adiabatik pada gas. nilai dari indeks adiabatik terdapat beberapa perbedaan nilai untuk setiap gasnya. Jika gas panas meningkat sangat cepat hingga tidak ada waktu untuk energi masuk dan keluar pada sistem, maka usaha yang dilakukan oleh gas adalah negatif dan energi dalam meningkat.

Show full summary Hide full summary

Similar

AQA Physics P1 Quiz
Bella Statham
GCSE AQA Physics - Unit 3
James Jolliffe
Using GoConqr to study science
Sarah Egan
GCSE AQA Physics 1 Energy & Efficiency
Lilac Potato
Waves
kate.siena
Forces and their effects
kate.siena
Forces and motion
Catarina Borges
Junior Cert Physics formulas
Sarah Egan
OCR Physics P4 Revision
Dan Allibone
P2 Radioactivity and Stars
dfreeman
Physics 1A - Energy
Zaki Rizvi