PPKN

Description

yadayadya buat ulangan sekolah
Gina Ningsih
Flashcards by Gina Ningsih, updated more than 1 year ago
Gina Ningsih
Created by Gina Ningsih about 2 years ago
3
0

Resource summary

Question Answer
Periode masa awal kemerdekaan 1945 s.d 1959
Pemimpin gerakan separatis DI/TII C.R.S soumokil
Permasalahan/Penyimpangan terhadap pancasila dan UUD 1945 pada masa orde lama : Penetapan Presiden Ir. Soekarno sebagai presiden seumur hidup. Penetapan presiden untuk membubarkan DPR hasil pemilu 1955. Presiden membentuk MPRS yang dapat diangkat dan diberhentikan oleh presiden.
sifat pancasila sebagai ideologi terbuka bersifat aktual, dinamis. antisipatif, dan senantiasa mampu menyusuaika diri dengan perkembangan zaman.
keterbukaan ideologi pancasila mengandung nilai-nilai Nilai dasar, Nilai instrumental, Nilai praxis
3 dimensi pancasila Dimensi idealisme, Dimensi Normatif, Dimensi Realitas
Ideologi Negara Gagasan atau ide yang dijadikan sebagai pedoman untuk mencapai tujuan dan cita-cita bangsa
Pengertian ideologi terbuka Suatu ide atau gagasan yang berasal dari pemikiran dan nilai-nilai luhur budaya masyarakat.
Fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Sebagai pedoman dan arah bagi warga negara dalam menghadapi pemasalahan hidup berbangsa dan bernegara.
fungsi pancasila sebagai dasar negara pembuatan dan perancangan undang-undang harus bersumber pada nilai-nilai pancasila dan tidak bertentangan dengan peraturan diatasnya yang lebih tinggi.
Penyelewangan kekuasaan pemerintah orde baru terhadap bangsa dan negara memanfaatkan kekuasaan untuk melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme
perubahan pada isi UUD 1945 disebut dengan Amandemen
Presiden pada masa Orde baru soeharto
berlangsungnya periode orde baru 1968 sd 1998
Prinsip Alinea ke-4 Tujuan negara yang akan diwujudkan oleh pemerintah negara. ketentuan diadakannya undang-undang Dasar. Bentuk negara, yaitu bentuk republik yang berkedaulatan rakyat. Dasar negara, yaitu pancasila.
Pokok-pokok pikiran dalam pembukaan UUD NKRI tahun 1945 Pokok pikiran persatuan. Pokok pikiran keadilan sosial. Pokok pikiran Kedaulatan rakyat. Pokok Pikiran ketuhanan.
Teori kedaulatan Teori kedaulatan tuhan. Teori kedaulatan raja. Teori kedaulatan Negara. Teori Kedaulatan hukum. Teori kedaulatan rakyat
Sifat pokok Kedaulatan Asli; kekuasaan tidak berasal dari kekuasaan yang lebuh tinggi. Permanen, kekuasaan itu tetap ada sepanjang negara tetap berdiri walaupun pemerintah sudah berganti. Tunggal, kekuasaan itu merupakan satu-satunya dalam negara dan tidak dibagikan kepada badan-badan lain. Tidak terbatas, kekuasaan itu tidak dibatasi oleh pemerintah lain.
prinsip-prinsip kedaulatan negara republik indonesia negara kesatuan yang berbentuk republik. kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut undang2 dasar. merupakan negara hukum. presiden tidak dapar membekukan/membubarkan DPR. menteri dapat diangkat atau diberhentikan oleh presiden. MPR dapat memberhentikan presiden atau wakilnya dalam masa jabatannya menurut UUD.
Show full summary Hide full summary

Similar

Sistem Pencernaan
Aliya Ufa
Accounting for Wages
Liz Barraclough
Tugas Hari Senin, 23-03-2020
Panduan Mengajar
Probabilitas SD Kelas 9
Aryani Banun
Accounting for Wages
Francois Erasmus
Sistem Pencernaan
icon caby
Chemistry Quiz General -3
lauren_johncock
UNIT 1 DIGITAL MEDIA SECTORS AND AUDIENCES
carolyn ebanks
GCSE REVISION TIMETABLE
gracemiddleton
A-level Maths: Key Differention Formulae
humayun.rana
ALL module 5 vocab
Pamela Dentler